google-site-verification=DcRSMscH1n4YiHeA5nu9zBNYk1Tq1XwRATi5h2_TsZY Donat Labu Kuning - Book of Sarah

Donat Labu Kuning

Donat Labu Kuning - Cara membuat resep donat labu kuning tentu saja cukup mudah dan tidak sulit. Caranya potong labu kuning menjadi beberapa bagian, kemudian kukus labu sampai semua bagian empuk. Jika sudah di rasa empuk, kemudian ambil dagingnya dengan cara di keruk dengan bantuan sendok lalu haluskan. Untuk membuat adonan tepung terigu 250 gram, kira-kira Bunda membutuhkan 150 gram daging labu kuning. Dalam resep donat labu kuning ini saya menggunakan labu kuning kecil yang kulit luarnya bewarna hijau tua. Teksturnya lembek bila sudah di kukus. Namun Bunda juga bisa menggunakan jenis labu lainnya seperti labu kuning yang berukuran besar, yang kulit luarnya berwarna orange kusam atau oranga cerah. Menurut saya jenis labu besar ini lebih legit bila dikukus dan teksturnya pun tidak lembek.


Donat Labu Kuning

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat
  • Persiapkanlah Labu kuning kukus 150 gram (berat setelah dikukus tanpa kulit), haluskan
  • Siapkan Ragi instant 6 gram
  • Siapkan Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  • Susu bubuk 20 gram
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram

Cara membuat
  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan kuning telur, labu kuning kukus dan vanila, campurkan aduk merata. Masukkan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis (tidak lengket dan tidak lembek). Hentikan penambahan susu cair jika adonan dirasa sudah kalis.
  • Kempiskan adonan, uleni kembali sebentar agar adonan licin kembali. Timbang adonan masing-masing 30 gram atau sesuai selera. Bulatkan kemudian pipihkan masing-masing adonan, letakkan di loyang yang di tabur terigu tipis. Lakukan sampai adonan habis. Tutup dengan plastik wrap agar adonan tidak kering. Diamkan 15-20 menit.
  • Masukkan butter/margarin dan garam, uleni kembali sampai adonan tercampur rata. Pindahkan adonan ke talenan kayu atau alas kerja yang ditaburi sedikit terigu, uleni adonan sampai kalis elastis, permukaan mulus dan licin. Bulatkan adonan, masukkan ke wadah/baskom. lalu tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan 20-30 menit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel